Produk Sang Pengusaha Muda

Inget film Billionare, film yang nyeritain tetang seorang anak muda bertekad sekuat baja bernama Top Ittipat dari Thailand pengen banget jadi pengusaha muda yang cetar membahana dan hasilnya pun mumpuni. Buat kalian yg pengen jadi bussinesman sukses harus banget liat film itu. 

Well, di postingan kali ini aku ga bakal bahas tentang filmnya tapi tentang produknya. Ya, Tao Kae Noi yang artinya pengusaha muda. Siapa sih yang ga kenal sama crispy seaweed  yang satu ini, setelah booming lewat 7 eleven akhirnya produk ini bisa memasuki pasar. 

Jujur ini pertama kalinya aku makan Tao Kae Noi, soalnya tiap liat kaya ga ada tarikan untuk beli, tapi karena film Billionare  yang aku tonton beberapa bulan yang lalu jadi ada rasa penasaran untuk nyoba nyicipin. Diliat-liat harganya cukup mahal juga yah, dan sebagai anak kosan yang rendah hati aku pilih yang termurah, cuma sekitar tiga ribuan lah. 

Nyampe di kosan, aku langsung buka kemasan dan betapa terkejutnya aku tenyata isinya hanya S A T U  LEMBAR, memang luar biasa. Rasanya sih enak, bikin nagih cuma isinya itu loohhh. 



Ga lebih dari satu menit di buka, yang nyisa tinggal kemasan nya aja dan aku baru menyadari produk ini ga ada lebel HALAL nyaa. halah siah gimana dong? mau dimuntahin juga susah, orang cuma selembar gt. Dalam hati, aku yakin ini halal karena aku ga tau. Ya semoga aja.

Ada rasa ragu dan penasaran juga sih sebenernya, akhirnya aku coba cari-cari info ke eyang subur google. Ternyata banyak juga yang mempersoalkan ini, ya gimana engga? ini kan jadi bikin gharar dan sesuatu yang gharar (tidak jelas) itu dilarang.

Dulu ternyata tao kae noi pernah memanipulasi kemasan dengan membubuhkan lebel halal, katanya sih menurut Dedi Kurnia Syah dalam postingannya di kompasiana.com tapi ternyata labelnya ditutup dengan sengaja. Entah lah siapa yang nutup, tapi ya kalo halal kenapa harus ditutup-tutupin? down to earth mungkin. 

Agan Wolfbane juga mengatakan "hati-hati" terhadap produk ini lewat akun kaskusnya, katanya E631 yang dikandung Tao Kae Noi ini penyebabnya. Menurut agan yang masih malu-malu nyeritain tentang dirinya ini, E631 itu didapat dari daging atau ikan ya kalo dagingnya halal berati halal, kalo haram? waduuhhh repot sendiri aku. 

Dari kondisi si Ittipat dari film, dan kondisi 7 eleven yang udah terkenal banget kayaknya ga akan susah kalo mau ngurusin perizinan tentang kehalalan produk ini, tapi kenapa yah ko nyampe di manipulasi dan nyampe hari ini ga ada lebel halalnya? Hanya mereka yang tau.

Satu lagi yang jadi pertanyaan aku, siapa yang nutupin lebel halal yang katanya dimanipulasi itu yah? digaji berapa dia ko nyampe mau nutupin itu semua? apa ga cape yaaa.. 





2 comments:

  1. dari hasil ane googling nih gan,
    ane liat dari facebook nya tao kae noi indonesia, jadi katanya label halalny itu awalny sudah ada dari thailand, cuman ada peraturan MUI kalo tetep harus ada sertifikat halal dari MUI, nah jadi yg kemaren2 ditutupin deh logonya, sekarang baru di produksi tao kae noi dengan kemasan logo halal MUI

    ReplyDelete

 

Follow My Blog

Hello Guys!

Hello Guys!

Ngobrol yuk!

Get this look :x

Follow Me on Instagram