Ini nih, penyebab kita takut salah!!

Penasaran, kenapa kalo kita ada ide yang cukup besar dan menantang suka ada yang kaya ngelarang-larang gitu dalem hati. Jadi semacem ngajak perang batin. Awalnya aku pikir itu adalah aku  yang lain (parno mode on). Nyampe sempet mikir aku puya kepribadian ganda.

Well, ternyata penyebab dari itu semua adalah si Otak Kadal. Provkator nyata yang ada dalam kepala kita. Dia nih yang selama ini bikin kita kalah sebelum berperang. Maunya ada di zona aman terus, gamau lompat dan menyelam ke zona yang sedikit garang. Padahal, si zona garang bisa nganterin kita ke level yang lebih tinggi.

Si otak kadal emang di setting seperti itu, bikin kita takut duluan sebelum benar-benar melakukannya. Otak kadal ini ada dalam kepala kita, tepatnya di otak yang disebut amygdala. Bang amygdala adalah instruktur kegalauan, dia mempengaruhi kita untuk tidak percaya diri, takut, resah, gelisah, pokoknya bertentangan dengan hal-hal yang berani.


Pertanyaanya kenapa kok disebut otak kadal atau lizard brain. Menurut nyatanyag.blogspot.com katanya karena bagian tersebut sudah bertransformasi bertahun-tahun lamanya, hingga menyerupai otak si kadal yang ada sekarang.

Si otak kadal ini, ada positif nya juga sih. Misalnya dalam hal berkendara, si otak kadal mewanti-wanti kita agar mengendara dengan hati-hati. Biar lambat asal selamat. Cuman, kalo terus diikutin nanti si otak kadal bisa jadi terlalu over protektif. Dikit-dikit khawatir takut terjadi apa-apa. Kalo kata Sir Jhon A. Shedd sih “Kapal yang beradadi pelabuhan itu aman, namun bukan itu gunanya kapal”.
 
Otak kadal ini perlu dilawan, soalnya kalo dibiarin dia bakal bawa kita kedalam kegagalan. So, jangan biarin otak kadal berkuasa tapi jangan juga kalo nyampe di bombardir, soalnya lumayan bisa jadi palang peringatan kalo mau masuk jurang. Biarin aja dia hidup, namun lemah.

Jadi, yu ah kita hajar si otak kadal biar dia ga so-soan jadi preman dan menghalang-halangi ide atau keinginan kita. Kita seharusnya yang memimpin diri kita sendiri bukan si otak kadal!




0 comments:

Post a Comment

 

Follow My Blog

Hello Guys!

Hello Guys!

Ngobrol yuk!

Get this look :x

Follow Me on Instagram